Anak Muda, Jika Orang Lain Ragukan Kemampuan Anda, ini Kata Menpora Dito

Situasi ini pasti sering dialami oleh anak muda. Terutama kepada orang yang memangku amanah/jabatan dalam keorganisasian tapi dinilai belum layak atau belum matang dalam memimpin.

Situasi dimana anda harus mendengar dan membaca kalimat sinis dari orang lain yang ragu akan kemampuan anda dalam memimpin. Apalagi memimpin organisasi/lembaga yang belum pernah dipimpin oleh orang seusia anda.

Di era teknologi saat ini, berbagai komentar akan datang dalam waktu yang sangat cepat dan terbuka di ruang publik melalui berbagai media sosial.

Komentar itu akan menjadi cambuk pelecut untuk bisa menjadi yang terbaik, tapi dengan syarat anda meyakini bahwa anda memiliki kemampuan manajerial yang baik.

Selain yakin dengan kemampuan, anda harus berangkat dari niat yang tulus, tidak punya maksud lain seperti sekedar mencari keuntungan ataupun hanya untuk gagah-gagahan, apalagi untuk membalas sakit hati kepada orang lain.

Komentar sinis itu juga datang kepada Menteri termuda di era Reformasi, yaitu Mas Dito Ariotedjo ketika ditunjuk presiden sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) menggantikan Zainudin Amali yang mengundurkan diri. Beliau dilantik sebagai Menpora pada usia 32 Tahun.

Seperti yang dilansir oleh akun youtube TvOneNews, dalam sebuah sebuah acara “Duduk Bareng Orang Hebat”, Menpora Dito menjawab pertanyaan Imie sebagai Host pada acara tersebut.

“Kalau saya boleh meminjam kata kata netizen, itukan banyak sekali, bisa apa, anak muda, umur 32 tahun, memimpin kementerian sebesar itu, apalagi banyak cabang olahraga, saat itu melihat atau mendengar atau ada orang yang mengatakan hal seperti itu pada anda, apa yang bisa anda komentari” tanya host kepada Kak Menteri, begitu sapaan untuk Menpora di acara tersebut.

Dengan santai kak Mentri Dito menjawab bahwa dia sangat senang jika ada yang berkomentar sinis dan meragukan kemampuannya.

“Dalam arti saya senang. Saya dalam proses kehidupan ini dalam setiap saya berkarier, boleh dilihat profil saya, setiap saya menerima jabatan saya, pasti saya selalu diikuti oleh keraguan dan kesinisan orang, itu suatu hal yang biasa dan setiap seperti itu saya bahagia” Jawab Kak Menteri Dito yang menjelaskan tanpa beban.

Kak Mentri melanjutkan jawabannya yang menjelaskan bahwa dia justru akan merasa takut jika orang melihat dengan over ekspektasi.

“Karena orang itu melihat saya, oo ini pasti sudah gagal. Kalau orang Over Ekspektasi kepada kita itu malah serem. Justru lebih baik menurut saya diragukan. Pertama itu memacu, kedua itu kalau kita berhasil, itu jadi apa ya, penilaian orang ke kita itu akan beberapa lipat dibandingkan orang yang tadinya over sinis thinking” lanjut kak menteri menjawab pertanyaan Host, imie

Diawal dialog kak Mentri juga menyampaikan perasaannya yang bercampur aduk antara bahagia, terharu dan takut. Tapi yang lebih besar dirasakan itu adalah ketakutan.

Ditanya tentang ketakutan apa yang dirasakan, kak menteri menjawab, ketakutan jika gagal maka kariernya akan hancur di usia muda. Mau bangkit lagi akan susah karena sudah diberikan kepercayaan dan kesempatan.

 

0Shares


Leave a Reply

× Klik untuk Chat WhatsApp