Horee…. Terbuka jua Akhirnya…

Diperkirakan lebih dari 300.000 Bakal Calon Legislatif se Indonesia menyambut gembira putusan Hakim MK yang menolak gugatan sistem pemilihan umum. Dengan ditolaknya gugatan itu akhirnya Undang – undang Pemilihan Umum tidak ada perubahan sedikitpun, sistem pencoblosan tetap dengan sistem proporsional terbuka.

Hari Kamis, tanggal 15 Juni 2023, adalah hari dimana situasi sangat menegangkan bagi para Bacaleg. Dipastikan bacaleg lebih banyak duduk didepan TV atau menyaksikan siaran langsung Sidang MK dengan agenda pembacaan putusan tentang sistem Terbuka atau Tertutup melalui Smart Phone masing – masing daripada melakukan aktifitas lainnya.

Horeee….. satu kata yang keluar dari sahabat disamping saya, mendengar putusan MK untuk menolak gugatan yang membuat semua bacaleg menahan diri untuk sosialisasi itu. Akhirnya MK selesaikan tugas dengan soft landing. Tidak ada riak, justru MK mendapatkan sanjungan, terutama dari Bacaleg se Indonesia.

Nah, sekarang bacaleg sudah mulai berani lakukan sosialisasi, dalam waktu yang tidak lama lagi akan bertebaran spanduk, baliho, dan alat peraga kampanye lainnya. Partai politik pun menyambut dengan senang hati. Betapa tidak, jika sistem tertutup, hampir dipastikan caleg yang nomor urut besar tidak akan memaksimalkan untuk bergerak mencari suara. Banyak mesin politik yang mati.

Terimakasih Mahkamah Konstitusi, keputusan ini sudah tepat, karna iklim demokrasi akan terus membaik jika semua elemen politik terutama caleg yang maju pada pemilihan umum ini menjadi corong untuk menyebarluaskan semangat demokrasi itu sendiri.

0Shares


Leave a Reply

× Klik untuk Chat WhatsApp