Mengenal KORMI dan FORNAS : Sebuah Catatan tentang Olahraga Masyarakat

Saya baru kali ini membawa atlet untuk event Olahraga Masyarakat, FORNAS. Sebelumnya hanya pernah di Olahraga Prestasi dengan event PORPROV, PON, Sea Games dan seterusnya.

Sesuai dengan nama eventnya, FORNAS Tahun 2023 merupakan yang ke-7 kali diadakan oleh KORMI Nasional. Kali ini Provinsi Jawa Barat sebagai tuan rumah, dan dipusatkan di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Meskipun sudah melaksanakan tujuh kali event Nasional, Masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui apa itu KORMI, dan apa pula itu FORNAS.

Dulu kata FORNAS ini adalah singkatan dari Festival Olahraga Rekreasi Nasional. Namun setelah disahkannya undang-undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan yang merubah istilah Olahraga Rekreasi menjadi Olahraga Masyarakat, maka FORNAS kemudian disebut dengan Festival Olahraga Masyarakat Nasional.

Dalam Undang-undang itu disebutkan bahwa Lingkup Olahraga dibagi menjadi tiga, yaitu Olahraga Pendidikan, Olahraga Prestasi dan Olahraga Masyarakat.

Olahraga pendidikan merupakan olahraga yang bertujuan untuk membangun nilai – nilai karakter, pengetahuan dan sikap hidup sehat yang diajarkan di pendidikan formal dan non formal.

Itulah olahraga yang dikoordinir oleh Dinas yang mengampu pendidikan keolahragaan, sebut saja Dinas Pemuda dan Olahraga dan Dinas Pendidikan atau Dinas dengan penamaan yang lain.

Kompetisinya saat ini diberi nama KOSN atau Kompetisi Olahraga Siswa Nasional.

Sedangkan Olahraga Prestasi adalah olahraga yang membina atlet – atlet hingga mencapai prestasi yang dapat meningkatkan harkat dan martabat bangsa. Olahraga ini disusun dengan pembinaan dan pengembangan secara terencana, sistematis, terpadu, berjenjang, dan berkelanjutan dengan dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi Keolahragaan.

Itulah olahraga yang dikelola oleh KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) dan KOI (Komite Olimpiade Indonesia). Secara berjenjang event KONI itu dimulai dari Pekan Olahraga Kab/Kota (PORKAB/PORKOT), Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV), Pekan Olahraga Nasional (PON). Kemudian untuk event Internasional dilanjutkan oleh KOI, seperti Sea Games, Asian Games hingga Olimpiade.

Sementara olahraga masyarakat adalah olahraga yang bertujuan meningkatkan kebugaran masyarakat, namun tetap juga memperhatikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di masing-masing jenis olahraganya. Olahraga inilah yang dikoordinir oleh KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia).

Karena olahraga ini bersifat kebugaran saja, tidak untuk prestasi, maka event nya disebut dengan Festival. Mulai dari Festival Olahraga Masyarakat Kab/Kota (FORKAB/FORKOT), Festival Olahraga Masyarakat Provinsi (FORPROV), dan Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS).

Sampai disini dulu bisa memahami ya, apa beda KONI dan KORMI. Nanti kita lanjut membahas apa saja yang ada di KORMI.

0Shares


Leave a Reply

× Klik untuk Chat WhatsApp