Profil

Sekilas Tentang Saya

Dilahirkan dari pasangan dua Insan perantau dari Negeri Sumatera Barat, tepatnya dari Nagari Balai Baiak, Kec. Ampek Koto Aur Melintang, Kab. Padang Pariaman. Ayah dan Ibu, begitu panggilan saya untuk kedua orang tua. Ayah bernama Zalmasri, lahir Tahun 1948 di Gasan Gadang, Pariaman, dan meninggal Tahun 1996 di Kec. Tampan, Pekanbaru. Ibu bernama Nuraini, lahir Tahun 1956 di Balai Baiak, Pariaman, dan sekarang Alhamdulilah dalam keadaan Sehat Wal’afiat.

Saya anak kedua dari enam bersaudara. Lahir pada Tahun 1982 di Rumah Sakit Tentara, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru. Sebagai seorang anak lelaki tertua diantara saya kami adik beradik, saya ditempa dengan berbagai perjalanan hidup, baik perjalanan pribadi sebagai anak maupun perjalanan dalam menopang ekonomi keluarga.

Kami bukan lahir dari keluarga yang ber-ekonomi mampu. Layaknya sebagai perantau yang bermodalkan semangat untuk hidup, Ayah dan Ibu telah mendidik saya sebagai anak yang mampu bertahan dengan segala kondisi, berikhtiar dengan segala kemampuan, dan berserah diri dengan berdo’a dengan segala pengharapan.

Begitu juga dalam menjalani jenjang pendidikan, saya dan adik beradik harus menikmatinya dengan segala kesederhanaan. Meskipun Allah SWT menguji kami dengan keterbatasan, tapi Ia juga mengaruniai kami akal pikiran hingga berbagai prestasi pendidikan pun kami dapatkan. Hingga akhirnya Tuhan memberikan kesempatan kepada saya untuk Sekolah SD di Kota Bangkinang (SD 039), SMP Muhammadiyah Bangkinang (Mu’alimin), SMP Muhammadiyah Pekanbaru, SMA Negeri I Pangkalan Kerinci dan S1 di Jurusan Teknik Kimia Universitas Riau

Kehidupan berorganisasi pun saya lalui mulai dari kampus hingga saat ini. Berbagai kegiatan kemahasiswaan pun saya ikuti, mulai dari Internal Kampus seperti Himpunan Jurusan Teknik Kimia, UKM Islam Daarul Hijrah Fakultas Teknik, BLM Fakultas Teknik, BEM Fakultas Teknik, BEM Universitas Riau, terakhir menjabat sebagai Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Riau selama dua kali periode BEM UNRI, hingga organisasi Eksternal Kampus seperti KAMMI dan Forum Anggota Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FAM-PII).

Disamping itu, saya pernah aktif di organisasi Pemberdayaan Masyarakat sebagai Koordinator Kota Sarjana Pendamping Perogram Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW). Di organisasi lain juga saya berkiprah di Keolahragaan, mulai dari Pengurus Cabang PSSI Kota Pekanbaru hingga terakhir saya diamanahkan sebagai Ketua KONI Kota Pekanbaru periode Tahun 2018 – 2022.

Selain organisasi kampus dan profesional, saya juga pernah aktif di organisasi paguyuban negeri asal saya, seperti Ikatan Keluarga Balai Baiak Sekitarnya (IKBS), Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP), dan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR), meskipun tidak menjadi pengurus inti dua organisasi yang disebutkan terakhir.

Saya juga pernah aktif di Organisasi Partai Politik, diantaranya Partai Keadilan, yang kemudian mengganti nama menjadi Partai Keadilan Sejahtera, terakhir sebagai Ketua Bidang Pembinaan Pemuda DPD PKS Pekanbaru. Setelah saya putuskan untuk mengundurkan dari dari PKS pada Tahun 2009, saya berniat untuk tidak aktif dulu di Organisasi Partai Politik. Namun, pada Tahun 2013 ketika Bapak Firdaus (Saat itu juga menjabat sebagai Walikota Pekanbaru) terpilih menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Kota Pekanbaru, saya diajak beliau untuk masuk ke struktur Partai Demokrat sebagai Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Kota Pekanbaru. Setelah habis masa beliau, kembali saya putuskan untuk menahan diri dulu measuk ke Partai Politik.

Setelah menjalani beberapa diskusi internal diri saya, dalam menghadapi Tahun Politik 2024, saya menyimpulkan harus menjadi bagian yang ikut serta dalam perhelatan tersebut. Beberapa Partai Politik menjadi opsi saya untuk saya pilih sebagai wadah perjuangan politik saya. Jatuhlah pilihan itu kepada Partai Golkar, karena saya beralasan Partai Golkar menjadi Partai Tengah yang menyediakan tempat bagi insan yang ingin berkarya. Sebagai bukti, saya diamanahkan sebagai Ketua Bappilu Partai Golkar Kota Pekanbaru. Sesungguhnya menjadi tantangan terberat untuk mengemban amanah ini. Apalagi dalam waktu yang dekat akan dilaksanakan Pemilu Tahun 2024. Disamping itu saya damanahkan sebagai Sekretaris PDK Kosgoro 1957 Kota Pekanbaru

Alhamdulillah, dengan didampingi Istri, Rika Febriani, dan si buah hati Adeeva Zhufaira Murzil, saya selalu menjalani aktifitas keseharian dengan penuh semangat dan tanggungjawab. Dukungan dari orang tua, adik – adik serta sahabat semuanya, menjadi tambahan energi positif bagi saya untuk terus berkarya dan berbuat untuk masyarakat Kota Pekanbaru.

Berikut daftar organisasi yang pernah saya geluti :

  1. UKM Islam Daarul Hijrah Fakultas Teknik Universitas Riau (Kabid. Humas)
  2. Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (Himateki) Universitas Riau (Wakil Ketua)
  3. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik Universitas Riau (Kabid. Kastrat)
  4. Badan Legislatif Mahasiswa (BLM) Universitas Riau (Wakil Ketua)
  5. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Riau (Wakil Presiden Mahasiswa)
  6. Forum Anggota Muda Persatuan Insinyur Indonesia (FAM-PII) Wilayah Riau (Ketua)
  7. Ikatan Keluarga Balai Baiak Sekitarnya (IKBS) Kota Pekanbaru (Sekretaris)
  8. Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Kota Pekanbaru (Wakil Sekretaris)
  9. Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Provinsi Riau (Wakil Ketua Biro Kepemudaan)
  10. Partai Keadilan (PK) Kota Pekanbaru (Anggota)
  11. DPC Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kec. Sukajadi (Sekretaris)
  12. DPC Partai Demokrat Kota Pekanbaru (Ketua BAPPILU)
  13. Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI) Kota Pekanbaru (Ketua Bidang Humas)
  14. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Pekanbaru (PLT. Ketua)
  15. Komite Olahara Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru (Wakil Sekretaris)
  16. Program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMBRW) Kota Pekanbaru (Koordinator Kota)
  17. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru (Ketua Umum)
  18. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Pekanbaru (Ketua)
  19. Asosiasi Street Soccer Indonesia (ASSI) Provinsi Riau (Ketua)
  20. DPD Partai Golkar Kota Pekanbaru (Ketua Bappilu)

× Klik untuk Chat WhatsApp